Dalam Permen PAN RB No. 23 Tahun 2019, kisi-kisi materi soal SKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Berikut Kisi-Kisi tes SKD 2019 :

 

1)  Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan:

a)  Nasionalisme,    dengan    tujuan    mampu    mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional;

b)  Integritas, dengan tujuan mampu menunjukkan sifat atau keadaan yang menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, kewibawaan sebagai satu kesatuan;

c)   Bela negara, dengan tujuan mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara;

d)  Pilar negara, dengan tujuan mampu membentuk karakter

 

positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika;

e)  Bahasa Indonesia, dengan tujuan mampu menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

2)  Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai:

a)  Kemampuan verbal, yang meliputi:

i. Analogi,    dengan    tujuan    mengukur    kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep       kata   yang   memiliki   hubungan   tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain;

ii. Silogisme,   dengan   tujuan   mengukur   kemampuan

individu    untuk    menarik    kesimpulan    dari    dua pernyataan yang diberikan; dan

iii. Analitis,    dengan    tujuan    mengukur    kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

b)  Kemampuan numerik, yang meliputi:

 

i. Berhitung,   dengan   tujuan   mengukur   kemampuan hitung sederhana;

ii. Deret  angka,  dengan  tujuan  mengukur  kemampuan individu dalam melihat pola hubungan angka-angka;

iii. Perbandingan  kuantitatif,  dengan  tujuan  mengukur

 

kemampuan   individu   untuk   menarik   kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif; dan

iv. Soal  cerita,  dengan  tujuan  mengukur  kemampuan individu untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan.

c)  Kemampuan figural, yang meliputi:

i. Analogi,    dengan    tujuan    mengukur    kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar  yang  memiliki  hubungan  tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain;

ii. Ketidaksamaan, dengan tujuan mengukur kemampuan

individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar;

iii. Serial, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

3)  Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai:

a)  Pelayanan  publik,  dengan  tujuan  mampu  menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa    memenuhi  kebutuhan  dan  kepuasan  orang  lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki;

b)  Jejaring kerja, dengan tujuan mampu  membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif;

c)  Sosial  budaya,  dengan  tujuan  mampu  beradaptasi  dan

bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk (terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya);

d)  Teknologi   informasi   dan   komunikasi,   dengan   tujuan mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja;

e)  Profesionalisme,  dengan  tujuan  mampu  melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan.